Kamis, 14 Mei 2009

Bochan

Kemarin lagi asyik2nya baca buku berjudul "Bochan"...

Buku ini adalah novel klasik Jepang karangan Natsume Soseki, by Gramedia Pustaka..

Bochan sendiri, sebenarnya adalah nama panggilan kesayangan anak laki-laki yang berasal dari keluarga yang berkedudukan menengah atas di Jepang. Yang suka memanggilnya bochan, hanyalah pembantu keluarganya yang bernama Kiyo.Bochan bercerita tentang seorang laki-laki muda keturunan Edo, yang berpindah dari Tokyo ke suatu daerah pedesaan terpencil untuk menjadi guru Matematika.

Bochan adalah seorang guru muda yang sangat blak-blakan, jujur, disiplin dan sebenarnya sangat welas asih. Seperti orang Jepang pada umumnya, dia juga memiliki harga diri yang tinggi.

Karena sifatnya yang blak-blakan itulah, ada beberapa masalah terjadi terkait dengan kehidupannya di sekolah. Selain itu Bochan juga senang memberi julukan pada orang-orang disekelilingnya. Ada tokoh Landak, Kemeja Merah dan si Badut. Hubungan Bochan dan orang-orang yang diberinya julukan inilah yang menjadi sentra cerita di buku ini.

Bochan juga suka sekali makan Dango (jajanan khas Jepang), mie dan mandi air panas di pemandian umum. Kesukaan Bochan yang sederhana itupun , ternyata juga bisa menimbulkan masalah buat hidup Bochan..

Namun, catatan pribadi dari saya...saya pikir tidak banyak orang seperti Bochan di jaman modern ini..sedikit berharap semoga akan semakin banyak orang jujur dan teguh hati seperti sosok Bochan...hehehee

Diawal beli buku ini, sempet khawatir tidak bisa menikmati novel klasik yang nyastra..Ternyata Bochan sangat ....LUCU...menghibur sekali...hehehehe...di bebrapa halaman saya lumayan terkekeh-kekeh dengan ke"polosan" Bochan...memang tidak seperti novel biasa yang biasa-biasa saja, tapi tetap High Recommend deh buat yang suka baca...

selamat membaca...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar